Tips Dan Motivasi

Published on August 31st, 2018 | by Zul April

0

Ini Dia Cara Islam Mengatur Keuangan Agar Hidup Berkah

“dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Rabbnya.” (QS. Al-Isra’: 26-27)

Sebagai seorang muslim, sebaiknya segala macam aspek kehidupan yang dijalankan sesuai dengan ajaran dan syariat Islam, termasuk cara mengatur keuangan. Islam telah menetapkan ajaran-ajaran bagaimana cara seseorang mengatur persoalan finansialnya dalam Al-quran dan hadist.

Tujuan dari penetapan ini adalah agar umat muslim tidak salah dalam melakukan perhitungan akan kehidupan finansialnya yang merugikan dan membuat hidup sejahtera. Lalu bagaimanakah cara mengatur keuangan dalam Islam?

Simak ulasannya berikut :

Atur 1-1-1
Formula 1-1-1 merupakan rumus mengatur keuangan dari sahabat Nabi Shallalahualaiwasalam, Salman Al Farisi. Diriwayatkan bahwa beliau memiliki uang sebanyak 1 dirham untuk digunakan sebagai modal membuat anyaman yang dijual seharga 3 dirham. Kemudian, pendapatannya tadi dibagi menjadi: 1 dirham untuk keperluan keluarganya, 1 dirham untuk sedekah dan sisanya 1 dirham untuk digunakan sebagai modal kembali.

Konsep ini bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan membagi tiga pendapatan yang diperoleh. 1/3 untuk digunakan kebutuhan sehari-hari, 1/3 untuk bersedekah dan sisanya untuk keperluan modal lagi.

 

Sisihkan Untuk Modal
Diriwayatkan oleh Ibrahim Al Harbi dalam Ghorib Al Hadits dari hadits Nu’aim bin ‘Abdirrahman, bahwa “Sembilan dari sepuluh pintu rejeki ada dalam perdagangan”.

 

Menabung
“Simpanlah sebagian dari harta kamu untuk kebaikan masa depan kamu, karena itu jauh lebih baik bagimu.” (H.R Bukhari).

 

Jangan Boros
“Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebih-lebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian.” (QS. Al-Furqon :67).

 

Sedekah
Bersedekahlah kalian, karena sesungguhnya sedekah dapat menambah harta yang banyak. Maka bersedekahlah kalian, niscaya Allah menyayangi kalian. (Al-Wasail 6: 255, hadis ke 11).

 

Hindari Berhutang
Barang siapa utang uang kepada orang lain dan berniat akan mengembalikannya. Maka Allah Azza Wa Jalla akan meluruskan niatnya itu ; tetapi barang siapa mengambilnya dengan niat akan membinasakan (tidak membayar). Maka Allah akan merusakan dia. (HR. Bukhari)

Jika terpaksa berhutang kepada orang lain, wajib hukumnya untuk melunasinya. Hal ini dilakukan katna didalam islam perihal utang menyangkut dunia dan akhirat. Bahkan saat seseorang berhutang meninggal dunia. Maka ahli waris wajib melunasinya.

 

HEMAT DAN BERKAH

Mulailah untuk mencoba mengaplikasikan tips mengatur financial menurut Islam dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu keuangan anda akan jauh lebih teratur dan terjauh dari kerugian financial. Selain itu, hidup juga akan semakin berkah..

 

Oke, semoga bermanfaat ya. Silahkan dishare semoga saling mendapatkan ilmu dan manfaatnya 😉


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑